Cara Mengatasi Ghost Touch

Cara Mengatasi Ghost Touch Di Smartphone – Android merupakan sebuah perangkat yang banyak digunakan oleh banyak orang. Karena android memiliki beragam fitur dan bisa kita utak atik lagi tidak seperti iOS yang memang tampilannya tidak bisa di ganti-ganti lagi. Namun, pengguna android tentu kita sering mendapatkan masalah di luar dugaan, seperti Ghost Touch.

Sebenarnya Ghost Touch salah satu masalah yang sering di kita jumpai dan sekaligus tidak bisa kita hindari lagi. Penyebabnya pun dari berbagai faktor, semua di diukur dari tingkat keparahan yang terjadi. Ghost Touch merupakan sebuah istilah yang dimana layar smartphone bergerak sendiri.

Ghost Touch lebih sering ditemukan oleh pengguna android, baik itu samsung, oppo, lenovo, vivo dan masih banyak lagi. Terjadinya Ghost Touch tentu membuat kita kesal dan membuang-buang waktu. Terlebih jika kita sedang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan dan lainnya.

Jika kalian salah satu orang yang mengalami Ghost Touch. Kalian tidak perlu cemas lagi, karena kami akan membagikan sedikit cara tentang bagaimana mengatasi Ghost Touch dengan mudah. Namun, silahkan simak terlebih dahulu pembahasan dibawah ini.

Ghost Touch Di Smartpone

Apa Itu Ghost Touch Di Smartpone ?

Ghost Touch merupakan sebuah kejadian dimana layar smartphone milik kita berjalan atau bergerak dengan sendirinya meskipun tidak kita sentuh. Jika diartikan dalam bahasa Inggris, Ghost Touch berarti “sentuhan setan”. Ghost Touch akan dianggap wajar dan aman-aman saja, jika tidak mengganggu aktivitas kita dan sebagainya.

Namun, kebanyak jika sudah terjadi Ghost Touch. Maka, membuat beberapa sistem menjadi error dan tidak bisa dijalankan. Dan hal ini tentu tidak bisa kita diamkan begitu saja. Namun, jangan terbutu-buru untuk membawanya ke tukang service, pasalnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Sebaiknya simak terus artikel ini sampai selesai.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ghost Touch

Sebenarnya, penyebab dari Ghost Touch sendiri bermacam-macam, biasanya terdapat masalah pada hardware pada casis yang ada di mesin smartphone kalian. Oleh karena itu, silahkan simak penjelasan yang akan kami berikan untuk membantu kalian mengatasi Ghost Touch dengan cara berikut ini.

Charger Tidak Sesuai

Hal ini memang sering terjadi, dan jarang diperhatikan oleh kebanyakan pengguna Android. Charger yang tidak sesuai bisa menjadi masalah terjadinya Ghost Touch. Hal ini karena memakai charger dengan tegangan tinggi, akibatnya baterai smartphone tersebut tidak bisa menampung daya dari tegangan yang dihasilkan charger.

Perlu diperhatikan, sebaiknya menggunakan charger dari bawaan ketika membei smartphone. Dan hindari untuk mengguunakan charger jenis kw atau palsu, hal tersebut bisa merusak kualitas baterai smartphone nantinya.

Layar Rusak

Penyebab lainnya adalah kerusakan pada layar atau LCD smartphone, hal tersebut bisa terjadi karena layar terkena air atau masuk merembes kedalam smartphone. Kerusakan layar bisa menjadi faktor atas terjadinya Ghost Touch. Oleh karena itu sebaiknya segera mengganti layar atau LCD smartphone kalian.

Hal ini untuk menghindari air yang masuk kedalam layar tidak akan masuk ke hardware dan bisa mengakibatkan kerusakan sistem yang lainnya. Akibatnya nanti, kerusakan yang dihasilkan akan semakin fatal.

Reset Ulang

Reset ulang bisa dilakukan jika semua cara sudah dicoba dan Ghost Touch masih terjadi. Hal ini salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Perlu di ingat, untuk melakukan reset ulang ini resikonya adalah semua data dan aplikasi lainnya akan hilang.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya lakukan back up. Dan memindahkannya ke flashdisk, harddisk atau memori card. Maka semua data kalian akan aman tanpa khawatir hilang. Dan dengan melakukan reset ulang tersebut, otomatis smartphone kalian akan kembali lagi seperti masih baru.

Bersihkan CPU dan RAM

CPU dan RAM penuh bisa menjadi masalah terjadinya Ghost Touch. Hal ini dikarenakan membuka aplikasi secara berlebihan di smartphone. Dan sebaiknya jangan berlebihan ketika menggunakan aplikasi atau mengurangi multitasking sehingga akibatnya performa smartphone kalian menurun.

Bersihkan Pelindung Layar

Hal ini merupakan masalah sepele namun harus diperhatikan. Pasalnya, Ghost Touch bisa terjadi karena layar pelindung yang kotor dan tidak pernah dibersihkan. Dikarenakan debu yang menempel pelindung layar tersebut bisa menyebabkan Ghost Touch.

Dan sebaiknya, rutin untuk membersihkan pelindung layar tersebut. Atau jika dirasa rusak dan tidak layak pakai lagi, sebaiknya ganti segera.

LCD Terlalu Panas

Perlu diketahui, jika layar LCD terlalu panas juga bisa mengakibatkan Ghost Touch. Dan disebabkan karena perangkat yangada mempunyai batas toleransi panas sendiri untuk tetap bisa berjalan dengan normal. Dan jika terus dipaksakan, Ghost Touch akan terjadi. Selain itu dapat merusak perangkat sistem yang lainnya.

Hal ini jarang sekali kita sadari, oleh karena itu untuk sementara hentikan untuk menggunakan ponsel agar suhu kembali normal lagi seperti semula dan bisa menghindari kerusakan pada samrtphone.

Lakukan Restart 

Merestart smartphone memang diperlukan jika keadaan smartphone kita error atau tidak bisa berfungsi dengan baik. Cara ini di anggap paling mudah, dan dipercaya bisa mengatasi masalah yang terjadi. Jika Ghost Touch terjadi, silahkan restart atau reboot agar kinerja smartphone bisa stabil lagi seperti semula.

Daya Baterai Habis

Tanpa kita sadari jika kehabisan daya baterai bisa menimbulkan Ghost Touch. Cara menghindarinya yaitu segera isi daya smartphone tersebut. Jika Ghost Touch masih tetap ada, tidak ada salahnya jika mengecek keadaan baterai kalian. Jangan sampai keadaan baterai membesar atau menggelembung. Dan gantilah dengan baterai yang baru untuk menghindari kerusakan yang lainnya.

Kalibrasi Layar Di Atur Ulang

Pertama yang dilakukan untuk mengatur kalibrasi layar adalah, masuk ke display yang ada di setting. Dan aturlah menu kalibrasi yang ada, dan hindari untuk mengaktifkan fiut “Auto Rotation”. Cara lainnya, jika smartphone kalian tidak mendukung adanya display setting, silahkan download “SwiftKey Keyboard”, karena didalamnya terdapat setting “Touch Input” yang berguna ntuk mengatut kalibrasi layar.

Selain itu, untuk dapat mengatasi Ghost Touch. Kalian bisa mencoba aplikasi yang tersedia di PlayStore yaitu “Kalibrasi Layar Sentuh”. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya klik saja maka akan ditampilkan proses untuk mengatur kalibrasi. Terlebih jika smartphone kalian sudah di root, maka akan semakin mudah untuk menjalankannya

Baca Juga :

Penutup

Baiklah, itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengatasi Ghost Touch untuk bisa membantu masalah jika Ghost Touch terjadi. Jadi kalian tidak buru-buru untuk membawanya ke tukang service terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan cara yang telah kami berikan diatas. Semoga bisa membantu, dan semoga artikel ini bermanfaat terimakasih.

Sumber :

Anna Widiastuti
Anna Widiastuti

Jika kamu ingin mengenal dunia, membacalah. Jika kamu ingin dikenal dunia, menulislah

Leave a Comment